Minggu, 13 Mei 2012

Tugas Jurnalistik II


Nama : Yulyanti 
NPM  : 13609167
Kelas : 3SA01

NEGARA YANG ANGKA TERTINGGI MELAKUKAN BUNUH DIRI

1.      Jepang
Jepang merupakan negara yang maju . Namun disamping itu , jepang dikenal sebagai negara yang sering dilakukan bunuh diri  . Dari beberapa sumber saya dapatkan menyatakan bahwa , besar angka bunih diri di Jepang sangat memprihatinkan di mata dunia . Mereka melakukan itu karna memiliki tekanan dalam keluarga , kerjaan maupun lingkungan sekitar  . Dari Selama Mei 2011 lalu, tercatat 3.375 orang bunuh diri di Jepang. Angka tersebut naik 20 persen lebih dibandingkan bulan yang sama di tahun sebelumnya .( http://news.detik.com/read/2012/03/09/181245/1863106/1148/bunuh-diri-di-jepang-meningkat-drastis-sejak-tsunami) .
Terdapat beberapa tempat khusus untuk melakukan bunuh diri hutan lindung Aokigahara di Jepang yang terkenal dengan tempat melakukan bunuh diri . Banyak ditemukan mayat disana, sehingga membuat hutan ini menjadi tempat yang sangat menyeramkan bagi pengunjung  .
2. Korea Selatan
Korea Selatan merupakan negara yang terkenal dengan negeri ginseng dan memilki kebudayaan yang sangat mempesona  . Di Korea selatan juga memilki tingkatan yang tinggi dalam melakukan bunuh diri  . Yang sering melakukan bunuh diri di Korea Selatan adalah wanita . Sebagaimana kita ketahui banyak artis korea selatan untuk mengakhiri hidupnya  karena memilki tekanan  , depresi  , tuntutan kerja dan lain lain . Dimana mereka meninggalkan seluruh fans dan keluarga , sahabat yang dekat dengan mereka .
3.Cina
Cina juga termasuk dalam tingkat bunuh diri yang tinggi  .  Dari( sumer : vivanews.com ) VIVAnews - Setidaknya 287 ribu orang mengakhiri nyawa mereka sendiri setiap tahunnya di China. Jumlah ini menyumbang 3,6 persen dari total kematian di negara tersebut.  Di Cina pernah terjadi melakukan bunuh diri masal di pabrik foxcon Cina yang mana pabrik tersebut memproduksikan barang elektronik . Pada tahun 2010 terjadi bunuh diri massal yang 18 pekerja yang terjun dari puncak gedung perusahaan, dengan 14 kematian.
4.Srilanka
Sri Lanka juga mengalami tingkat bunuh diri yang parah. Kemiskinan, konflik yang berkepanjangan dianggap sebagai pemicu bunuh diri di sini. Sri Lanka menempati urutan ke 10 dengan tingkat bunuh diri mencapai 21,6 per 100.000 penduduk.
Sedangkan di negara eks komunis, tingkat bunuh diri memang yang tertinggi sedunia dari tahun ke tahun. Negara tersebut adalah :  Lituania (no.1), Belarus (no.3), Kazakhstan (no.4), Rusia (no.6), Ukraina (8), Hongaria (9), Latvia (11), Slovenia (12), dan Serbia (13). Semuanya masuk dalam 20 besar negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Sedangkan negara barat yang masuk 20 besar adalah Belgia (no.15) dan Perancis (16).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar