Minggu, 13 Mei 2012

Tugas Jurnalistik II


Nama :Yulyanti
NPM  : 13609167
Kelas  : 3SA01

Tanda-tanda Seseorang Ingin Melakukan Tindakan  Bunuh Diri
Ada terdapat tanda-tanda seseorang yang ingin melakukan bunuh diri  . Namun terkadang kita tidak menyadari prilaku dia kepada kita  . Seseorang akan melakukan berbagai cara untuk mengakhiri hidupnya tanpa menyesali apa yang mereka perbuat  . Dibawah ini adalah beberapa tanda yang pada umumnya sering terjadi terhadap seseorang yang ingin mengambil resiko yang tinggi melalui tindakan bunuh diri :
1.      Mengasingkan diri dari lingkungan sosial. Mereka biasanya mulai bersikap tertutup dan menyendiri.
Ini bisa menjadi salah satu yang sering dilakukan oleh mereka  yang melakukan bunuh diri  . Mereka merasa dirinya hidup sendiri di dunia tanpa ada yang peduli terhadapnya   . Selain itu , dia juga berfikir kalau dirinya tidak berguna ada di dunia ini  . Sehingga mereka mengasingkan diri dan menyendiri tanpa memberikan alasan yang jelas .

2.      Sikapnya berubah. Misalnya dulu penurut, tiba-tiba jadi pembangkang.
Terkadang kita tidak menyadari akan perubahan sikap yang dilakukan oleh teman , keluarga ataupun yang ada di sekeliling kita .Namun kita harus lebih memperhatikan sikap atau tingkah laku teman dan keluarga kita agar mereka tidak terjerumus dengan hal yang negatif seperti ingin melakukan tindakan bunuh diri  .  

3.      Mulai sering terlibat dalam kegiatan yang membahayakan kehidupan seperti tidak lagi takut mati.
Ketika seseorang merasa hidupnya tidak dihargai atau tidak berharga mereka akan melakukan hal yang sifatnya negatif yangmana akan merugikan dirinya sendiri .Banyak kita temukan orang diluar sana , mereka merasa terjerumus dengan melakukan kegiatan yang menbahayakan hidupnya untuk menghilangkan beban masalah yang ada  . Dan ini bisa menjadi salah satu bagian yang tanpa kita sadari tanda orang yang ingin melakukan tindakan bunuh diri  .

4.      Sering menyalahkan diri sendiri dan merasa tidak berharga.
Kesalahan merupakan suatu tindakan yang membuat kita menyesal apa yang kita telah perbuat  . Dimana terkadang kesalahan tersebut bisa menyalahkan diri sendiri dan merasa bahwa kita tidak berguna dan berharga di dunia ini .Banyak dari kita merasa tidak berharga di dunia ini karena kita tidak mampu mencapai suatu tujuan yang kita harapkan .Selain itu tekanan yang diberikan terhadap kita yangmana membuat kita stress  dan gagal dalam melakukannya  .

Sumber :  http://tipsartikel.com/2011/07/29/bunuh-diri-tanda-penyebab-mencegah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar